• SMA NUR LINTANG KEDU
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

PERLUNYA INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DIKELAS

Oleh : Etik Ernawati S.E

Banyaknya siswa di kelas XII IPS yang kesulitan dalam memahami materi akuntansi khususnya hitungan akuntansi yang dikarenakan anak malas untuk membaca, malas berlatih, dan menghafal konsep dan istilah istilah akuntansi, membuat guru sangat kesulitan mengajarkan materi ini pada siswa.  ‘

Menurut (syahmawati, 2020) faktor penyebab kesulitan belajar akuntansi  laporan  keuangan perusahaan  jasa  adalah, 1) Kesulitan dalam Menganalisis Transaksi Kendala bagi pembelajar ketika menganalisis transaksi adalah sulit untuk menentukan akun-akun yang dimaksud dalam transaksi, dan sering kali terjadi kesalahan dalam menentukan jumlah nominal dari akun yang dimaksud. 2) Kurangnya motivasi pembelajar terhadap pelajaran ekonomi akuntansi laporan keuangan perusahaan jasa, salah satunya adalah ketidaktertarikan pelajaran dan materi tersebut

Berdasarkan kondisi tersebut diatas, maka penulis merasa perlu berinovasi dalam melakukan model pembelajaran, agar siswa lebih mudah mencerna materi pembelajaran dikelas. Siswa menjadi lebih bersemangat mengikuti pembelajaran dan tidak mudah bosan atau mengantuk saat jam pelajaran.

Guru memilih menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan metode make a match dikarenakan siswa kelas XII sangat lah pasif dan hanya diam saja ketika ditanya oleh guru. Sehingga dalam belajar diperlukan cara agar anak aktif melakukan aktifitas belajar agar menimbulkan suasana yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Hasil yang dapat dilaporkan dari kegiatan best practice ini

  1. Suasana kelas jadi hidup penuh kegembiraaan dan menyenangkan, terjadi interaksi antar siswa dan guru secara aktif
  2. terdapat peningkatan signifikan terkait kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik, hal ini dengan dilihat dari ketuntasan hasil pretes dimana dari 21 peserta didik terdapat 7 peserta didi  yang mencapai KKM dan hasil postes dimana terdapat 18 peserta didik yang mencapai KKM

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Penerapan model  pembelajaran  Problem  Based  Learning  dengan metode make match pada pembelajaran ekonomi materi jurnal penyesuaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah.
  2. Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based  Learning  yang  berbasis  TPACK, terutama dalam  penggunaan teknologi membuat  peserta didik  lebih  semangat dalam  mengikuti    Seolah  mereka  menemukan  hal  baru  dalam pembelajaran.
  3. Melalui kerja kelompok, peserta didik lebih percaya diri dalam menyelesaikan masalah, menyelesaikan proyek, serta mengemukakan pendapatnya.
  4. Dengan memberikan  reward  sederhana yaitu pengakuan dan tepuk tangan,  peserta didik  lebih termotivasi untuk mencapai target mereka dan peserta didik memiliki semangat untuk berkompetisi dengan rekannya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PELAKSANAAN IN HOUSE TRAINING (IHT) SMP DAN SMA NUR LINTANG SEMUA JADI BINTANG

TEMANGGUNG_Pada hari Sabtu, 21 Juni 2025 bertempat di ruang kelas SMA Nur Lintang yang beralamatkan di Desa Bandunggede, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, telah dilaksanakan kegiata

21/06/2025 20:08 - Oleh Guru - Dilihat 60 kali
SMA NUR LINTANG KEDU CEGAH BULLYING DI LINGUNGAN SEKOLAH

Oleh : Ahmat Yuliyanto, S.H., S.Pd. Kedu (Rabu, 8/11/2023) Salah satu Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Nur Lintang Kedu adalah melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelaja

08/11/2023 09:14 - Oleh Guru - Dilihat 247 kali
PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA JABATAN DEWAN AMBALAN SMA NUR LINTANG KEDU

Sabtu, 7 Oktober 2023 ~ Ahmat Yuliyanto Kedu – Jum’at (6/10/2023) Pramuka Gugus Depan SMA Nur Lintang Kedu pada hari Jum’at (6/10/2023) melaksanakan sertijab atau pel

07/10/2023 10:16 - Oleh Guru - Dilihat 648 kali
Asyiknya Proyek P5, Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMA Nur Lintang Kedu

Oleh : Ahmat Yuliyanto, S.H., S.Pd. Kedu(SMA Nur Lintang Kedu) – Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pencasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SMA Nur Lintang Kedu sudah

30/09/2023 11:03 - Oleh Guru - Dilihat 354 kali
Tingkatkan Kualitas Guru, SMA Nur Lintang Gelar IHT "Bedah Instrumen Akreditasi"

Oleh Fitra Kharisma Agustine Pendidikan di masa kini menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa, di mana sumber daya manusianya adalah orang-orang yang cerdas, terampil dan berkualitas

25/09/2023 09:56 - Oleh Guru - Dilihat 306 kali
ANTUSIASME PESERTA DIDIK SUKSESKAN PESTA DEMOKRASI SMA NUR LINTANG

  Oleh Fitra Kharisma Agustine Teriknya matahari tidak menjadi penghalang bagi para siswa untuk berbondong-bondong menyumbangkan suaranya pada pemilihan ketua OSIS SMA Nur Lint

18/09/2023 09:12 - Oleh Guru - Dilihat 273 kali
Menumbuhkan Budi Pekerti Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran

Oleh : Anis Gufron, S.Pd Kecerdasan berpikir murid harus dapat mengembangkan budi pekerti atau watak murid yang tidak hanya dibentuk di sekolah, tetapi dalam keluarga dan lingkungannya

03/01/2023 14:49 - Oleh SMA Nur Lintang - Dilihat 2805 kali
PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Oleh : Etik Ernawati, S.E Perkembangan teknologi informasi digital sekarang ini sangat berdampak positif bagi guru yang ingin mengembangkan diri. Perkembangan media digital mempermudah

08/12/2022 11:26 - Oleh SMA Nur Lintang - Dilihat 282 kali